Travel

3 Alasan Belitung Jadi Destinasi Favorit buat Liburan di Era New Normal

Belitung bisa jadi tempat wisata favorit wisatawan. Pada awal Juli 2020 ini, Belitung sudah membuka kunjungan untuk wisatawan. Pelaku wisata di Belitung sudah siap menyambut wisatawan.

Mereka berharap wisatawan dapat berkunjung ke Belitung lagi setelah adanya pembatasan kunjungan. Dah satu pelaku pariwisata Belitung sekaligus pemilik Bella Wisata Travel, Sansan Arya Lukman memberikan alasan mengapa orang harus kembali berwisata ke Belitung di masa pandemi. Alasan pertama yaitu letaknya yang tak jauh dari ibukota Jakarta. Kata dia, perjalanan udara dari Jakarta ke Belitung hanya memakan waktu tempuh 45 menit.

Kemudian, lanjutnya, harga tiket pesawat Jakarta Belitung terbilang murah dibandingkan orang Jakarta pergi ke puncak yang memakan waktu lama karena macet perjalanan darat. "Hanya 45 menit dari Jakarta. Kalau orang Jakarta lebih memilih ke puncak, itu pasti lebih lama waktunya malah daripada ke Belitung," kata Sansan dalam webinar Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA) dan travel agent marketplace, TravelBiz, "Kesiapan Belitung sebagai Destinasi Wisata Paska Covid 19" Jumat (24/7/2020). Danau Kaolin di Belitung. SHUTTERSTOCK/BANGHOL Danau Kaolin di Belitung. Kompas.com pun mengecek harga tiket pesawat sekali jalan dari Jakarta ke Belitung. Saat ini, harganya berada di kisaran Rp 317.000, paling murah menggunakan maskapai penerbangan Lion Air.

Sansan mengatakan alasan lain orang harus pergi berwisata ke Belitung, lantaran keindahan alam baharinya yang dijuluki "Maldives" nya Indonesia atau Maladewa nya Indonesia. Menurutnya, alasan orang menyebut Belitung sebagai Maladewa nya Indonesia dikarenakan daerah sekitar utara Belitung terdapat gugusan pulau pulau kecil yang memiliki daya tarik tersendiri. "Jadi ada tempatnya ibaratnya kalau kita ke sana, bisa melihat rumahnya bintang laut. Terus memang koralnya cukup berwarna di sana walaupun tak seindah di Indonesia Tengah atau Timur," jelasnya.

Alasan berikutnya, ia menerangkan bahwa letak antar destinasi wisata di Belitung tidak terlalu jauh. "Jadi kalau kita mau ke destinasi wisata berikutnya itu lokasinya gak jauh, dan gak memakan waktu lama," ujarnya. Sebagai contoh, salah satu destinasi wisata di Belitung yaitu Danau Kaolin, dapat ditempuh dengan waktu 20 menit dari Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung.

Karena jarak antar tempat wisata wisata, bahkan setiap perjalanan di Belitung tidak dihitung secara kilometer, namun dari jarak per menit. Hal tersebut diungkapkan pemandu wisata Belitung, Eksa. Menurutnya, tidak adanya kemacetan di Belitung membuat jarak tempuh antar destinasi bisa tepat waktu.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *