Sport

Ambisi Rival Marcus/Kevin Tingkatkan Permainan Jelang Turnamen BWF di Bulan September

Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mengaku ingin meningkatkan permainan sebelum kalander turnamen BWF 2020 dimulai kembali pada September mendatang. Saat ini, Aaron Chia/Soh Wooi Yik menempati peringkat ke 9 dunia dan menjadi pasangan ganda putra terbaik di Malaysia. Salah satu rival Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo itu juga sudah berada di jalur lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Guna menjaga posisi dan peluang tersebut, Chia/Soh pun berharap bisa meningkatkan permainan seiring dengan kehadiran kembali para pemain senior di Akademi Bulu Tangkis Malaysia alias Academy Badminton Malaysia (ABM) di Bukit Kiara. Seusai kebijakan terkini Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia alias Badminton Association of Malaysia (BAM), dua eks pasangan ganda putra nasional Negeri Jiran, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, akan berlatih lagi di ABM. Selain untuk memperluas pilihan terhadap formasi skuad Piala Thomas 2020, kehadiran Goh/Tan dan Ong/Teo juga diharapkan bisa membantu Chia/Soh menjadi pemain yang lebih baik.

"Saat Goh/Tan dan Ong/Teo masih ada di ABM, (permainan) saya dan Soh perlahan meningkat," ucap Chia kepada Timesport, dilansir BolaSport.com dari NST. "Pada akhirnya, pada akhir tahun 2018, sebelum Goh/Tan meninggalkan tim nasional, kami berhasil melewati peringkat Ong/Teo sebagai pasangan ganda putra nomor dua nasional." "Awal tahun ini, Ong/Teo juga pergi. Kami masih terus menjadikan mereka (Goh/Tan dan Ong/Teo) sebagai panutan, meski sudah tak lagi ada di BAM, sebab mereka adalah pemain berkualitas top."

"Ini adalah situasi yang menguntungkan bagi semua," ujar Chia. "Dengan pandemi Covid 19 masih melanda dunia, ini adalah waktu terbaik bagi kami untuk memanfaatkan kualitas sparring dan meningkatkan permainan, bukan cuma untuk Piala Thomas, tetapi juga untuk memulai kembali kalender turnamen," kata Chia lagi. Sebelum BWF menghentikan penyelenggaraan turnamen bulu tangkis di seluruh dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, meraih hasil yang cukup oke.

Selain mencapai perempat final pada All England Open 2020, duet Chia/Soh juga mampu menembus semifinal Indonesia Masters 2020 dan Barcelona Spain Masters 2020. Menariknya, dua perhentian langkah Chia/Soh tersebut datang dari Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pada semifinal Indonesia Masters 2020, Chia/Soh kalah dari Marcus/Kevin dengan skor 19 21, 19 21, sementara pada perempat final All England Open 2020, mereka ditaklukkan Minions dengan skor 17 21, 19 21.

Secara keseluruhan pada tahun ini, Chia/Soh sudah menelan tiga kekalahan dari Marcus/Kevin. Selain pada Indonesia Masters dan All England Open, Chia/Soh juga keok di tangan Minions pada babak kedua Malaysia Masters. Saat itu, Chia/Soh kalah dengan skor 15 21, 11 21.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *