Antisipasi Virus Influenza dari SehatQ.com

Influenza atau yang kerap disebut dengan flu dan pilek rasanya sudah tidak asing, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang ada di daerah tropis. Info penyakit ini menyebutkan jika influenza mudah menular lewat beberapa kontak langsung dan tidak langsung. Yuk antisipasi pencegahan agar aman

Cara Penularan Virus Influenza

Berbicara mengenai Influenza pasti sudah tidak asing lagi bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Penyakit yang menyerang pada saluran pernapasan ini mudah menyebar ke lingkungan sekitar. Meski kerap dianggap ringan namun sebenarnya bisa menyebabkan kematian.

  1. Udara yang Terbawa saat Batuk dan Bersin

Media penularan pertama paling mudah dari influenza adalah batuk dan bersin. Virus yang terbawa dari udara akan masuk melalui beberapa lubang seperti mulut, hidung dan akhirnya menyerang metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut tentunya bisa membahayakan kesehatan.

Partikel yang berukuran kecil kurang dari 10 mm tersebut akan terlempar ke lingkungan hingga akhirnya menyebar ke udara sekitar. Sehingga ketika Anda berada di tempat tersebut akan langsung masuk dan terhisap ke saluran pernapasan. Jika ada teman sedang flu lebih baik pakai masker saja.

      2. Penyebaran Melalui Antar Manusia

Terakhir info penyakit menyebar melalui transmisi antar manusia itu sendiri. Ada banyak cara agar virus bisa masuk ke dalam tubuh orang yang ada di sekitar  yakni aerosols, large droplets, serta kontak langsung atau muntahan yang terkena langsung dan bisa langsung memicu reaksi di badan

Inilah mengapa saat ada orang sedang flu sebaiknya Anda menghindari dengan memakai masker, jadi walaupun sedang kontak langsung entah itu berbicara, atau hal lainnya tidak menjadi masalah. Karena lubang pada hidung dan mulut sudah tertutupi dan membuat virus tidak gampang masuk.

     3. Dropped Partikel

Selanjutnya adalah partikel yang bisa berpindah melalui udara ke mulut. Bagian partikel ini sangat kecil sehingga tidak memungkinkan dilihat secara langsung. Transmisinya juga kebanyakan melalui udara serta kontak langsung. Biasakan jika teman sedang bersin ikut menutup mulut juga.

Karena memang tidak akan tau seberapa banyak partikel yang terbang bebas di udara dan siap masuk ke dalam bagian tubuh. Apalagi jika teman atau kerabat dekat sedang flu berat, keadaan ini bisa menular pada orang lain. Selain memakai masker biasakan juga untuk jaga jarak aman.

Antisipasi Pencegahan Influenza

Salah satu penyakit yang sering muncul dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia adalah influenza atau kerap disebut flu. Walaupun bukan termasuk penyakit yang berbahaya namun tetap saja bisa menjadi parah dan mengundang penyakit lain bila tidak ditangani dengan serius.

      4. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Tak perlu pakai cara mahal ataupun susah. Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur setiap hari saja bisa membantu Anda memperkuat sistem imunitas dalam tubuh agar tidak mudah terserang virus influenza.

Tetap aktif dengan melakukan olahraga rutin memberikan banyak khasiat untuk tubuh manusia. Selain terhindar dari stress Anda juga tidak mudah stress dengan tekanan di kehidupan sehari-hari. Semua terasa lebih ringan.

      5. Tidur Cukup dan Jaga Kebersihan Tubuh

Terakhir biasakan untuk tidur tepat waktu dan selalu menjaga kebersihan tubuh. Hal ini bisa membuat Anda tidak mudah terpapar oleh kuman. Bisa dengan mencuci tangan sebelum makan, pakai masker agar tidak mudah terkontaminasi.

Itulah beberapa informasi penyakit influenza baik tentang media penularannya, maupun antisipasi pencegahannya. Walaupun terkesan remeh namun jika dibiarkan bisa mengundang banyak penyakit lain masuk.

Tinggalkan Balasan