Bisnis

Apakah Harga USDT Selalu Stabil?

USDT, kependekan dari United States Dollar Tether adalah mata uang crypto milik Tether Limited, yang berjalan di blockchain bitcoin. Harga USDT terindikasi paling stabil sehingga sering menjadi sasaran pasar cash out.

Kenapa demikian? Mari simak awal tujuan berdirinya Tether dan keistimewaannya di bawah ini.

Awal Mula Pendirian Theter dan Keistimewaan USDT

Tether adalah mata uang kripto yang harga USDT setara dengan Dolar AS dan diperdagangkan dengan simbol USDT. Peredaran Tether disupport oleh nilai investasi yang setara dengan mata uang fiat, seperti Rupiah Euro, Dolar, dll.

Tether adalah stablecoin. Stablecoin adalah varian cryptocurrency yang diciptakan agarĀ  harga cryptocurrency tetap stabil. Jadi Tether sejak awal memang dimaksudkan sebagai alat tukar bukan media investasi seperti bitcoin.

Pendirian Tether

Tether diciptakan oleh Brock Pierce, Reeve Collins, dan Craig SellarsĀ  yang meluncurkanĀ  Tether (USDT) pada tahun 2014. Tujuan penciptaannya sebagai aset crypto yang stabil setiap waktu dan berfungsi sebagai Dolar Digital internet. Setiap 1 token harga USDT senilai dengan $1 USD dan ditanggung dengan 1 USD dalam bentuk cadangan fisik.

Sempat terjadi kontroversi di tahun 2017 akibat sangat meningkatnya transaksi USDT. Tuntutan mengenai transparansi dan tuduhan manipulasi pasar membayangi dan menyebabkan volatilitas yang mengancam pemegang USDT.

Walau begitu Tether tetap diterima secara luas oleh banyak vendor dan protokol dalam blockchain crypto sebagai alat pertukaran dan sistem pembayaran. Para pedagang dan pengguna Tether menjadikannya sebagai nilai lindung (hedging) arena keistimewaannya di cryptocurrency

Keistimewaan USDT

Tether (USDT) dianggap istimewa karena memiliki cadangan yang dianggap besar. Peran USDT yang memiliki likuiditas dan lindung nilai terhadap volatilitas pasar, membuat pedagang dan penjual merasa lebih aman.

Harga USDT secara teori tidak mengalami fluktuasi berarti seperti dalam kurs mata uang fiat. Jumlah koin Tether yang beredar terdapat 40.805.169.352 USDT. Jumlah ini dapat meningkat atau menurun sesuai dengan keadaan pasar.

Cara Menggunakan Tether

USDT didapat dengan dibeli atau diterbitkan. USDT dapat dibeli di Bursa Crypto seperti Bitfinex, dll. Kemudian dapat digunakan untuk ditukar dengan berbagai produk dengan vendor lain atau ditukar dengan mata uang lain.

USDT juga digunakan untuk NFT (Non-Fungible Tokens) dan Initial Coin Offering (ICO). Tether serbaguna untuk digunakan di mana saja untuk mentransfer dan bertransaksi.

Prospek harga USDT akan terus digunakan oleh dunia keuangan digital yang tak terdesentralisasi. Semuanya bergantung pada transparansi dan konsistensi Tether dalam menjaga kepercayaan publik.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *