Ingin Ajukan Klaim Asuransi Kesehatan? Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan

Asuransi kesehatan berguna untuk meng-cover finansial Anda ketika Anda memerlukan pengobatan dokter ataupun perawatan di rumah sakit. Pasalnya, kita semua tahu bahwa biaya kesehatan itu tidaklah murah. Sementara itu, musibah seperti sakit maupun kecelakaan bukan sesuatu yang dapat kita prediksi sepenuhnya. Makanya, asuransi kesehatan adalah proteksi terbaik untuk keuangan Anda.

Setelah tahu manfaat asuransi dan membeli satu produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, patutlah Anda tahu hal-hal penting terkait pengajuan klaim asuransi. Berikut adalah sedikit hal yang dimaksud:

 

  1. Memastikan Masa Aktif Asuransi

Sebagian besar perusahaan asuransi menetapkan masa tunggu produk asuransinya setelah 30 hari pendaftaran. Artinya, status aktif produk pertanggungan Anda akan berlaku 30 hari setelah tanggal pendaftaran. Bila terjadi risiko di masa itu, umumnya pengobatan atau perawatan Anda belum dapat ditanggung oleh asuransi terkait. Dengan begitu, jika Anda ingin mengajukan klaim, pastikan terlebih dulu asuransi Anda sudah dalam masa aktif.

  1. Jangan Lupa Membaca Klausal Pengecualian

Jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dan memperoleh polis, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah klausal pengecualian. Klausal tersebut ada di dalam polis yang harus Anda baca secara detail dan pahami dengan baik. Pasalnya, klausal pengecualian mencakup informasi tentang berbagai jenis penyakit yang dikecualikan dalam produk asuransi Anda. Selain itu ada juga plafon asuransi yang berisi biaya medis maksimal yang nantinya akan ditanggung oleh asuransi dalam masa perawatan. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa porsi pengobatan atau perawatan Anda yang dapat diklaim dan ditanggung perusahaan asuransi.

  1. Pahami Tipe Klaim

Klaim dalam asuransi kesehatan umumnya terbagi dalam dua cara, yakni cashless dan reimbursement. Cara cashless berarti pembayaran di muka. Maksudnya, perusahaan asuransi yang akan langsung menangani pembiayaan Anda, sedangkan Anda cukup menunjukkan kartu asuransi Anda pada klinik atau rumah sakit yang bersangkutan. Sementara itu, cara reimbursement berarti pembayaran di akhir. Maksudnya, Anda perlu melakukan pembayaran pengobatan atau perawatan rumah sakit terlebih dahulu dengan uang Anda. Kelak barulah Andaa mengajukan klaim penggantian dana pada perusahaan asuransi Anda. Nah, sebelum mengajukan klaim, cari tahu dengan baik terlebih dahulu tentang cara klaim yang diaplikasikan pada produk asuransi Anda. Dengan begitu, pengajuan klaim Anda tidak akan salah arah.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengklaim asuransi kesehatan Anda. Semoga informasi dalam artikel ini berguna untuk Anda.

Tinggalkan Balasan