Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 3 Buku Tematik Kelas 3 SD/MI Halaman 89 90 93 Subtema 2 Pembelajaran 4

Simak kunci jawaban Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 untuk Kelas 3 SD/MI halaman 89 90 93. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD untuk Kelas 3 Tema 3 edisi revisi 2018 ini berjudul Benda di Sekitarku. Sementara untuk Subtema 2 dalam buku ini berjudul Wujud Benda.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 4 di halaman 89 90 93. Kunci jawaban Tema 3 Buku Tematik Kelas 3 SD/MI ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?

Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas? Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat sifat benda cair. Mengetahui Sifat Benda Cair

Lakukan secara berkelompok. Alat dan Bahan: 1. Air dan minyak goreng 2. Ember 3. Gelas 4. Kantong plastik Langkah Langkah Percobaan: 1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik. 2. Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng. 3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!

Jawab: 1. Air = bentuknya berubah sesuai wadah, tidak dapat digenggam 2. Minyak goreng = bentuknya berubah sesuai wadah, tidak dapat digenggam 3. Ember = bentuknya tetap walaupun wadahnya berubah, dapat digenggam 4. Gelas = bentuknya tetap walaupun wadahnya berubah, dapat digenggam 5. Kantong plastik = bentuknya berubah sesuai wadah, dapat digenggam Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Jawab: Sifat benda cair: Berubah bentuknya sesuai wadah. Volumenya tetap dan tidak berubah. Gaya tarik antara molekulnya lebih lemah dari benda padat, tapi lebih besar dari pada benda gas. Dapat mengalir. Terdapat tekanan hidrostatik.

Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari hari. Jawab: Benda cair mempunyai sifat dapat mengalir, berubah bentuknya sesuai wadah, volumenya tetap dan tidak berubah, gaya tarik antara molekulnya lebih lemah dari benda padat, tapi lebih besar dari pada benda gas, dan terdapat tekanan hidrostatik. Bacalah wacana di bawah ini!

Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing masing. Bapak bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu ibu dan anak anak juga tidak mau kalah. Ibu ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak anak membantu membawakan makanan dan minuman.

Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak anak bergembira. Karena anak anak dapat bermain di lapangan. Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai! Jawab: 1. Pekerjaan cepat selesai karena dilaksanakan secara gotong royong. 2. Dengan gotong royong akan membuat masyarakat saling bahu membahu untuk menolong satu sama lain. Selain itu, gotong royong juga mengajarkan setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama. 3. Gotong royong menghasilkan kebersamaan dan persatuan sehingga masyarakat mampu menyelesaikan permasalahan bersama sama.

Kamu telah mengetahui kegiatan gotong royong. Tuliskan contoh kegiatan tersebut! Jawab: Gotong royong di lingkungan tempat tinggal = membersihkan lingkungan sekitar, membersihkan selokan, membangun tempat ibadah. Gotong royong di rumah = membersihkan rumah, membersihkan alat makan, merawat tanaman. Gotong royong di sekolah = membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah, mengerjakan mading, menyelesaikan tugas kelompok bersama sama. Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!

Jawab: Ya, pernah. Saya pernah mengikuti kegiatan gotong royong di sekolah saat membersihkan lingkungan sekolah. Agar semuanya cepat selesai, setiap satu kelas diberi bagian sendiri sendiri, ada yang membersihkan bagian taman, tempat parkir sepeda, lapangan bola, hingga perpustakaan. Lakukan diskusi dengan orang tuamu. Diskusi tentang kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat. Orang tua dapat menjelaskan kegiatan gotong royong pada masa lalu maupun masa sekarang. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *