Kesehatan

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Rumah Sakit Bersalin, Ya!

 

Selama mengandung, Anda dan pasangan tentu sudah harus merencanakan persalinan dengan seksama. Salah satunya adalah dengan memilih rumah sakit bersalin terbaik di Jakarta. Akan tetapi, bagaimana Anda tahu bahwa rumah sakit yang Anda pilih memang berkualitas, ya?

Untuk membantu Anda memilih rumah sakit bersalin yang tepat, ada beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan sebagai patokan. Simak dalam daftar berikut ini dan selamat membaca!

Pilih Dokter Kandungan yang Cocok

Anda bisa mulai dengan memilih dokter kandungan terlebih dahulu. Pilihlah dokter yang tak hanya populer karena keahliannya, tapi juga yang bisa membuat Anda nyaman selama berkonsultasi dan berinteraksi. Di samping itu, pilih juga dokter kandungan yang bisa memberikan dukungan fisik hingga emosional selama Anda mengandung. Karena itu, Anda bisa buat daftar beberapa dokter kandungan yang direkomendasi terlebih dahulu dan kunjungi mereka sebelum menentukan pilihan.

Jarak atau Lokasi Rumah Sakit

Begitu mendekati HPL, Anda dan pasangan perlu menyadari bahwa persalinan bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam, tanpa terduga. Oleh karena itu, idealnya pilihlah rumah sakit bersalin yang jaraknya dekat atau mudah dijangkau dari rumah. Dan akan lebih bagus lagi jika Anda dan pasangan juga merencanakan rute terbaik dan tercepat ke rumah sakit sekaligus, terutama  untuk menghindari kemacetan jalan.

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Sakit

Di samping itu, pertimbangkan pula apa saja fasilitas yang tersedia di rumah sakit. Ketika Anda memilih rumah sakit bersalin terbaik, idealnya fasilitas yang ada lengkap, serta memenuhi standar kualitas maupun sanitasi yang tinggi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa kunjungi rumah sakit dan mengecek fasilitasnya. Jika memungkinkan, pilih rumah sakit dengan fasilitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan ruang Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

Kesigapan Staf Rumah Sakit dalam Kondisi Darurat

Anda barangkali baru akan merasakan ini setelah Anda mengalami kondisi darurat, yaitu saat proses persalinan sudah terjadi. Akan tetapi, Anda bisa tentukan pilihan sejak sekarang lewat rekomendasi teman, saudara, tetangga, hingga rekan kerja yang belum lama ini melahirkan di rumah sakit bersalin, misal 3-6 bulan yang lalu.

Sistem Administrasi yang Memudahkan

Faktor yang satu ini juga perlu Anda pertimbangkan berdasarkan masukan dari orang di sekitar. Pada intinya, pilihlah rumah sakit bersalin yang sistem administrasinya tidak ribet, termasuk ketika Anda menggunakan asuransi bersalin. Dengan begitu, baik Anda dan pasangan pun bisa menyambut kehadiran anggota baru keluarga dengan tenang tanpa harus dibuat repot soal perkara pembayaran dan administrasi, kan?

Menemukan rumah sakit bersalin yang cocok memang bukan proses yang bisa selesai hanya dalam sekejap saja. Meski demikian, upaya yang Anda keluarkan dalam memilih rumah sakit bersalin terbaik tentu akan membuat hati Anda dan pasangan tenang nantinya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *