Styles dan Tips

Lifestyle Dan Tips

Aki Korea dari Dapat Tempat di Pasar Indonesia

Sejumlah merek aki impor saat ini merambah pasar otomotif Indonesia, terutama di segmen aftermarket. Satu diantaranya adalah aki Solite dari Korea Selatan. Aki ini merupakan baterai Original Equipment Manufacturer (OEM) pabrikan otomotif Hyundai dan Kia, sudah merambah pasar Indonesia sejak 3 tahun lalu dan dipasarkan di Indonesia melalui distributor tunggalnya PT Star Sparta Indonesia. "Sampai saat ini kami sudah memiliki jaringan penjualan lebih dari 500 toko aki di seluruh Indonesia," ungkap Yunus Setiawan, GM Sales & Marketing PT Star Sparta Indonesia didampingi Permana Product Manager dan Jimmi, Area Sales Manager di sela penyerahan hadiah program Solite Display Contest ke toko pemenang di Pasar Minggu ( Toko Istana Motor ) dan Cibubur ( Links Battery ) Jakarta, Senin, 29 Juni 2020.

Yunus menjelaskan, jaringan penjualan aki Solite tersebar di kota kota di Pulau jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai di Papua. Wilayah Jabodetabek sendiri memberi kontribusi sebesar 25 persen dari total volume aki Solite yang terjual. Yunus menyebut, kondisi pandemi Covid 19 relatif tidak terlalu mempengaruhi penjualan akinya di Indonesia. Dia menargetkan tahun ini penjualan aki Solite tetap tumbuh sekitar 25 persen. Dari segi tipe aki Solite sendiri memiliki varian produk cukup lengkap seperti New JIS, DIN, aki ISS (idling start stop), bahkan Industrial Battery. Dari varian aki Solite tersebut, seluruhnya bergaransi. "Sedangkan kompetitor utama kita di sini adalah sesama aki korea," ujarnya.

Program Solite Display Contest Dalam merayakan ulang tahun ketiga kehadiran aki Solite di Indonesia, PT SSI menggelar Solite Display Contest dengan melibatkan seluruh toko yang memasarkan aki Solite di seluruh Indonesia. Toko toko diajak mengkreasikan tampilan display produk Solite Battery di tokonya semenarik dan seunik

Program ini dijalankan sejak sejak April sampai Mei 2020 dan memberikan hadiah utama senilai Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 5 juta untuk juara 2 dan Rp 1 juta untuk juara 3. Tampil sebagai juara 1 adalah Links Batery (Bogor), juara 2 Dunia Aki Panorama (Bengkulu) dan juara 3 terdiri dari 5 toko masing masing adalah Dunia Aki Rawa Makmur (Bengkulu), Istana Motor (Jakarta), Sulung Motor (Banyuwangi), Cahaya Terang (Palembang) dan Toko Jaya Makmur (Medan). Kito, salah satu toko juara 3 kontes ini mengatakan, penerimaan pasar di Jakarta terhadap aki Solite cukup bagus. Dari 3 toko yang dikelolanya, Kito mengaku bisa menjual sekitar 600 unit aki Solite per bulan "Kita jual aki ini sudah cukup lama. Kualitas akinya bagus, harga jualnya juga cukup kompetitif dan membuat tarikan mesin mobil saat distarter lebih spontan," ujarnya.

Kito mengaku pelanggannya sebagian besar ada pemilik mobil mobil Jepang. Kito punya tiga toko khusus aki, satu di Pasar Minggu dan dua di Pondok Gede, Jakarta Timur. Arifin, mekanik toko Links Battery di Cibubur, Jakarta Timur, yang jadi juara 1 kontes ini mengatakan, tokonya menjual aki Solite sudah dua tahun. "Respon konsumen di Cibubur cukup bagus karena ini aki OEM Kia dan Hyundai". "Kebanyakan yang beli pemilik Picanto, Santa Fe, dan lain lain untuk penggantian aki lama ke aki baru," ujar Arifin. Tokonya memberikan garansi enam bulan untuk setiap pembelian.

"Ini aki Korea yang harga jualnya kompetitif. Kita selalu tawarkan Solite ke konsumen yang ingin ganti aki," jelasnya. Solite sendiri sering menggelar sejumlah program untuk mendorong penjualan akinya di Indonesia. Yunus mengatakan, untuk memperkuat basis pasar aftermarket, pihaknya juga berpartisipasi di GIIAS, Customer Gathering, dan berbagai kegiatan sponsor komunitas otomotif, seperti komunitas Rush, Terios dll untuk edukasi pasar dan juga mensponsori kegiatan kegiatan gathering komunitas toko aki se Indonesia serta memberikan point reward tahunan ke seluruh jaringan mitra toko.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *