Uncategorized

Cara Perawatan Rambut yang Tepat

Cara perawatan rambut yang tepat sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan rambut kita. Rambut memiliki beebrapa tipe; tipe rambut kering, tipe rambut normal, dan tipe rambut berminyak. Setiap tipe rambut membutuhkan perawatan khusus.

Terutama tipe rambut kering, bila cara perawatan rambutnya tidak benar alias sembarangan, akan ada setumpuk masalah rambut yang datang, mulai dari ketombe, rambut rontok, rambut kusam, rambut susah diatur atau kusust, hingga masalah rambut bercabang. Sebelum itu terjadi, ikuti cara perawatan rambut kering berikut ini.

Cara Perawatan Rambut Kering

1. Kondisioner

Setidaknya dua hingga tiga kalid alams eminggu, gunakan kondisioner setelah menggunakan sampo saat mencuci rambut. Perhatikan, karena sfat kondisioner yang melembutkan, formula kondisioner sangat licin dan sulit bersih. Jangan biarkan sisa kondisioner menempel pada kulit kepala, karena justru akan menimbulkan ketombe.

2. Lindungi dari polusi

Saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan topi ataupun scarf untuk melindungi rambut kita. Gas monoksida serta partikel debu, meski tidak terlihat mata, merupakan musuh bagi kesehatan rambut.

3. Cuka dan minyak Zaitun

Cara perawatan rambut kering yang jarang diketahui adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut sebelum tidur. Keesokan hari setelah bangun tidur, cucilah rambut menggunakan cuka, lalu cuci bersih menggunakan sampo seperti biasa. Untuk hasil mterbaik, pilih sampo dengan kandungan protein. Mengapa cuka? Karena cuka membantu menyingkirkan ketombe dan bertindak sebagai kondisioner. Sedangkan minyak zaitun efektif membuat rambut halus dan jauh dari kerontokan.

4. Cara mengeringkan rambut yang benar

Kita mungkin terbiasa mengeringkan rambut dengan memutarnya dengan handuk. Hal tersebut dapat melukai akar rambut dan membuatnya rontok. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk dan dibiarkan kering secara alami. Ingat, hindari penggunaan hair dryer karena bisa membuat rambut semain kering dan pemicu rambut bercabang.

5. Jangan sering menyisir rambut

Pilih sisir bergigi jarang dan lebar. Hindari menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah, karena rambut lebih lemah dan lebih rentan rusak. Hindari juga memaksa menyisir rambut menggunakan sisir ketika rambut sedang kusut, sebaliknya gunakan jari kita untuk pelan-pelan memisahkan rambut yang kusut satu persatu.

6. Nutrisi tepat

Bukan hanya tubuh yang butuh nutrisi, tetapi rambut juga butuh nutrisi. Konsumsi makanan yang kaya kandungan protein akan berpengaruh pada kesehatan rambut kita.

7. Potong rambut secara rutin

Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan rutin memotong rambut setiap 8 minggu sekali. Tak perlu dipotong terlalu banyak, usahakan untuk selalu memperhatikan ujung rambut. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko rambut bercabang.

Lakukanlah cara cara merawat rambut kering di atas, dan dapatkan rambut indah yang bebas masalah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *