Mana Yang Lebih Bagus, Printer Laser atau Printer Inkjet?

Printer laser warna dan inkjet kerap digunakan untuk mencetak dokumen. Di antara keduanya, printer laser termasuk printer keluaran terbaru karena menggunakan teknologi panas serta toner khusus untuk mencetak teks atau gambar di atas kertas yang membuat alat cetak ini sangat hemat tinta.

Perbedaan  Printer Laser Warna dan Printer Inkjet

Printer laser warna dan inkjet memiliki fitur bagus, baik untuk keperluan rumah atau kantor. Soal harga, memang tidak dapat dibandingkan karena keduanya memiliki fitur berbeda. Tetapi, pembeli harus mempertimbangkan kualitas serta kecepatan cetak yang ditawarkannya.

Namun demikian, printer inkjet biasanya lebih murah dibanding printer laser warna. Bahkan, harga kartrid printer-nya juga jauh lebih murah dari pada toner jenis laser warna. Selain itu,jika Anda berencana menggunakan alat cetak untuk keperluan cetak teks, foto serta grafik, maka jenis inkjet terbilang lebih murah karena jika ditotal maka kebutuhannya hanya separuh dari total cetakan jenis laser warna.

Namun, soal resolusi, jenis laser warna jauh lebih bagus dibandingkan inkjet. Ini dikarenakan inkjet menggunakan print head yang berisi nozel kecil untuk menyemprotkan tinta kekertas dalam bentuk titik. Sedangkan, jenis laser warna menggunakan toner dan drum roll yang menghasilkan resolusi lebih tinggi serta hasil cetak lebih tahan lama. Selain itu,jenis laser warna juga dapat digunakan kehampir semua jenis kertas, sedangkan printer inkjet tidak.

Lalu, bagaimana dengan kecepatan cetak? Printer laser biasanya mencetak hingga 15 lembar kertas setiap menit.  Printer Toner Box dari Brother merupakan salah satu jenis printer laser yang memiliki seperti itu. Di mana, mampu mencetak dokumen lebih dari dua ribu lima ratus halaman.  Satu menit dapatmenghasilkan kurang lebih 35 halaman. Jumlah yang sangat pas untuk produktivitas kantor.

Jenis inkjet biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar seperti laser karena itulah sangat disukai oleh pengguna rumahan dan kantor yang tidak memiliki ruangan besar.  Sementara itu, jenis laser biasanya cocok digunakan untuk kantor yang besar dan memiliki karyawan yang membutuhkan jasa cetak dalam jumlah besar.

Untuk masalah mana yang terbaik, semua hanya tinggal pada kebutuhan saja. Harga pun dapat disesuaikan dengan anggaran, dan pengguna tak perlu khawatir dengan kualitas yang diberikan. Semogabermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan