Pendidikan

Pecahan Selasa Jawaban Soal TVRI SMP & Sederajat 4 Agustus 2020

Berikut kumpulan soal dan kunci jawaban materi mengenai 'Pecahan' untuk siswa SMP dan sederajat. Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab soal soal pertanyaan yang diberikan. Jawablah dengan mempelajari materi yang telah disampaikan dalam tayangan.

Adabeberapa pertanyaan yang diberikan dalamprogram Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI, Selasa (4/8/2020). 1. Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar ke yang terkecil 2. Jawablah soal berikut :

3. Ibu Andi, Ibu Budi, dan Ibu Cecep hendak menyumbang telur untuk hajatan Ibu Irma. Jumlah telur sumbangan dari Ibu Andi dan Ibu Budi adalah 12,9 kg. Jumlah telur sumbangan dari Ibu Budi dan Ibu Cecep adalah 15,0 kg. Jumlah telur sumbangan dari Ibu Andi dan Ibu Cecep adalah 12,5 kg. A. Berapa jumlah telur yang diterima Ibu Irma? B. Siapakah yang menyumbang telur terbanyak?

1. Sebelum menjawab soal, ubah semua bilangan tersebut menjadi bentuk bilangan yang sama terlebih dahulu : 2⁄3= 0,666 0,47 = 0,470

7⁄8= 0,875 74% = 0,740 Jadi urutan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah .

2. Untuk menjawab soal ini, kita bisa menggunakan cara teleskopik, yang pada akhirnya hasilnya menjadi : 1⁄1–1⁄50= 50⁄50–1⁄50=49⁄50

Jadi hasil dari penjumlahan bilangan pecahan tersebut adalah 3. Diketahui: Misalkan

Berat Telur Ibu Andi = A >>> A + B = 12,9 Berat TelurIbu Budi = B >>> B + C = 15 Berat Telur Ibu Cecep = C >>> A + C = 12,5

Ditanyakan: A. Berapa jumlah telur yang diterima Ibu Irma? B. Siapakah yang menyumbang telur terbanyak?

Jawab: + B = 12,9 B + C = 12,9 A + C = 12,5 ____________ + 2A + 2B + 2C = 40,4 A + B + C = 20,2 + B = 12,9 A + C = 12,5 ____________ B – C = 0,4

+ C = 15 B – C = 0,4 ____________ 2C = 14,6 C = 7,3 Masukkan ke persamaan 2 + C = 15 B + 7,3 = 15 B = 7,7

Masukkan ke persamaan 1 + B = 12,9 A + 7,7 = 12,9 A = 5,2 A. Jadi jumlah telur yang diterima Ibu Irma adalah 5,2 + 7,7 + 7,3 =

B. Jadi yang menyumbang telur terbanyak adalah Ibu Budi adalah *) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak. Selain bisa disaksikan di televisi, tayangan materi TVRI Belajar dari Rumah juga dapat diakses dalam live streaming berikut ini:

KOMPETENSI NUMERASI: Menentukan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen). Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan: 1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.

2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan. 3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas. 4. Catatlah hal hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai.

5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan. PAUD Kisah Jaya, Giri dan Melati: Sekitarku

SD Kelas 1 3 Mengenal Nilai Tempat Satuan, Puluhan, dan Ratusan SD Kelas4 6

Mengenal Sistem Pernapasan Manusia SMP Pecahan

Bahasa Inggris Lesson 7: What are you doing? (Apa yang kamu lakukan?) SMA/SMK

Sistem Persamaan Linier Kuadrat (Bagian 1) Keluarga Indonesia Menanamkan Nilai nilai Luhur Pada Anak

Film Cinta dari Wamena *)Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Dilansir , program acara Belajar dari Rumah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Acara Belajar dari Rumah merupakan program sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (Covid 19).

Program Belajar dari Rumah ditayangkan setiap Senin hingga Jumat di TVRI, mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Belajar dari Rumah terbagi menjadi lima jenjang di setiap jamnya, mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat, serta ada pendidikan untuk parenting . Belajar dari Rumah juga menayangkan program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

Pada Sabtu dan Minggu, terdapat durasi tiga jam khusus untuk program program kebudayaan. Di antaranya, gelar wicara ( talkshow ), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia. Sementara itu, pada malam hari ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre, seperti film anak, nasional, drama, dan dokumenter.

Program Belajar dari Rumah sudah berlangsung sejak 13 April 2020.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *