Regional

Sound Lengkap & Bisa buat Karaoke VIRAL Panggung Mini Mirip Seperti Aslinya Karya Warga Klaten

Media sosial diramaikan dengan viralnya seorang laki laki menikmati alunan musik dangdut di depan sebuah panggung mini. Video tersebut viral setelah diunggah akun TikTok, @unyiel1922, Senin (1/2/2021). Tampak dalam video, miniatur panggung dangdut persis seperti aslinya.

Mulai dari panggung, sound gantung, hingga pagar pembatas begitu mirip dengan panggung konser dangdut pada umumnya. Miniatur tersebut merupakan karya dari Mas Pincuk, warga asal Jurangjero, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Mas Pincuk mengungkapkan dirinya memiliki usaha persewaan atau rental keperluan panggung hiburan.

Mulai dari panggung rigging , rigging stage, baricade, lighting, hingga tenda sarnafil. Mas Pincuk mulai membuat miniatur panggung sejak 2018, dengan tujuan untuk memudahkan calon penyewa. "Saya kan punya usaha rental rigging di Klaten, tiap ada tamu mau nyewa pasti bingung dengan nama nama istilah perlengkapan panggung."

"Mulai dari rigging itu yang kaya gimana, sound gantung itu yang kaya gimana." "Terus saya buat miniatur itu, buat dipajang di kamar tamu," ungkap Mas Pincuk saat dihubungi, Rabu (3/2/2021). Sehingga adanya miniatur panggung tersebut dapat memudahkan para klien yang masih bingung dengan perlengkapan yang hendak disewa.

Mas Pincuk mengungkapkan, miniatur panggung tersebut memiliki kemiripan dengan panggung asli. "Bahan bahannya pakai besi, sama persis kaya panggung rigging ," ujarnya. "Ukuran luas sampai layar sekitar 190 cm, saya buat dengan meniru ukuran panggung rigging 8 m x 6 m," imbuhnya.

Sedangkan tinggi miniatur tersebut sekitar 60 cm. Miniatur panggung dilengkapi dengan miniatur penunjang seperti lampu kelap kelip. Selain itu, miniatur panggung tersebut juga memiliki pemutar musik.

"Seperti yang viral ada spek sound , pakai speaker mobil semua, ada subwoofer nya 12 inch ," ungkapnya. Sehingga, miniatur tersebut bisa digunakan untuk memutar musik dari HP dengan jack audio 3,5 mm maupun menggunakan bluetooth . "Jadi bisa dipake untuk karaoke," ungkapnya.

Untuk sumber daya, Mas Pincuk mengungkapkan miniatur panggung Itu menggunakan listrik. "Pakai listrik, ada adaptornya," ujarnya. Bagian bawah dilengkapi alas dan roda, sehingga mudah untuk dipindah tempat.

Mas Pincuk mengungkapkan, dirinya siap menjual maupun membuatkan miniatur panggung bagi yang berminat memiliki. "Kalau ada yang mau beli ya saya jual, saya buatkan," ungkap Mas Pincuk. Mas Pincuk mengaku, belum ada yang membeli miniatur panggung full set seperti yang viral tersebut.

"Kalau full set belum laku. Kemarin suruh kirim ke Kalimantan sekitar bulan Agustus 2020, karena ongkirnya mahal, terus nggak jadi," ungkapnya. Ia menyebut, berat miniatur panggung full set tersebut mencapai 50 kilogram. Ia mematok harga miniatur panggung full set Rp 10 juta.

Mas Pincuk mengungkapkan banyak yang tertarik pada karyanya, namun belum menemukan pembeli. "Sudah lama menawarkan, banyak yang tertarik, tapi yang merespons (untuk membeli) belum banyak," ungkapnya. Karya yang ia buat disebutnya masih banyak dipandang sebelah mata.

"Masih dipandang sebelah mata, dianggap cuma mainan, harganya mahal." "Padahal bahan bahannya pakai besi, sama persis kaya panggung rigging ." "Padahal itu sudah sesuai dengan bahan, mikir, dan tenaganya," ungkap Mas Pincuk.

Sementara itu Mas Pincuk juga mengaku menawarkan alternatif lain bagi yang tertarik dengan miniatur panggung miliknya. Yaitu dengan sponsor, meletakkan logo brand atau usaha di panggung. "Karena panggung dikatakan terlalu mahal, saya biasanya ngasih saran, apa sponsor saja, nama kamu diletakkan di panggung gitu."

"Ibarat kata, dia yang nanggap orkes," ungkap Mas Pincuk.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *