Styles dan Tips

Lifestyle Dan Tips

Ada Bihun Bebek hingga Mi Gomak 15 Kuliner Khas Medan Lezat & Wajib Dicoba

Medanibu kota Sumatera Utara menawarkan daya tarik sendiri bagi wisatawan, termasuk kulinernya. Makanan khas Medanpunya cita rasa khas yang banyak dicari oleh pencinta kuliner. Ada yang manis, gurih serta dari makanan ringan hingga makanan berat.

Berikut inikuliner Medanyang patut kamu coba. Kuliner satu ini adalah menu sarapan dari Medan. Seporsinya terdiri dari lontong dengan sayuran kuah santan berwarna kuning kemerahan.

Ditambah pula pelengkap mi, sambal teri, kacang goreng, dan tauco. Rasa lontong medan menjadi agak asam khas dari penambahan tauco. Mi gomak adalah hidangan mi goreng atau berkuah layaknya hidangan mi di daerah lain.

Namun, jenis mi yang digunakan khusus tersedia di Medan. Bentuknya besar dan disajikan bebas mau dengan sambal kacang atau kuah lontong. Mi gomak dijuluki juga sebagai spageti batak.

Setiap daerah di Indonesia punya makanan bernama soto dengan ciri khas masing masing. Begitu pula di Medan, ada soto khasnya yang dinamai soto medan. Soto medan mempunyai ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan rasa bumbu rempah, jintan terasa dominan.

Pilihan isiannya ada udang, ayam, dan daging. Teh susu telur adalah minuman hangat yang populer bagi warga Medan. Warga sekitar sering menyingkatnya menjadi TST. Racikan minuman ini terdiri dari teh, susu kental manis, dan telur. Rasanya manis dan creamy , plus dapat menghangatkan tubuh.

Di Medan, kari dikreasikan dengan bihun. Isian lengkap dari kari bihun terdiri dari kentang, bihun, dan daging sapi. Kuah karinya gurih, berempah, dan sedikit pedas.

Rasa bumbu meresap hingga ke bihun dan daging sapinya. Hidangan ini lebih mirip seperti hidangan sup dengan isian bihun dan irisan daging bebek. Rasa kuah kaldu dari bihun bebek kuat akan bumbu khasnya.

Tambahan daging bebek di atasnya juga cukup memuaskan selera. Bukan hanya karena empuk tetapi juga ukurannya cukup besar. Kuliner ini menjadi incaran untuk wisata kuliner Medan.

Mi balapmerupakan masakan Medan yang sering disantap untuk sarapan. Campurannya terdiri dari kwetiau atau bihun yang dimasak dengan telur dan seafood. Uniknya, mi balapdisajikan di atas daun pisang.

Cukup lengkap sebagai sarapan. Kentut adalah sejenis tanaman yang daunnya digunakan untuk membungkus hidangan nasi ini. Aroma dari nasi kentut menjadi wangi.

Sebagai pelengkap, ada pilihan lauknya yaitu ikan pepes, ayam goreng, tahu, sambal. Meski di namanya tersemat kata Ambon seperti nama satu kota di Indonesia tetapi kue ini berasal dari Medan. Nama Ambon diambil dari lokasi pertama kue ini dijual yaitu di Jalan Ambon.

Bentuknya adalah kue berbahan baku tapioka atau sagu yang memiliki rongga dan serat kue. Warnanya kuning cerah mengundang daya tarik orang orang. Soal rasa, bika ambon punya rasa manis dengan aroma khas dari daun jeruk dan serai.

Ada pula kue dari Medan yang juga jadi favorit banyak orang, namanya bolu meranti. Kue ini lebih seperti jenis kue bolu dengan tekstur lembut. Bentuknya adalah bolu kuning yang digulung dengan olesan selai di dalamnya.

Laksa medan termasuk makanan mi berkuah yang juga berasal dari Medan. Lebih tepatnya laksa medan adalah makanan dari mi beras putih, timun daun mint ikan dan kuah asam. Menyantap laksa medan sembari menghabiskan liburan di sana akan makin terasa liburannya.

Kamu ingin menikmati hidangan simpel yang segar? Bisa coba rujak kolam. Kuliner ini bisa ditemui di daerah Kolam Deli, Medan.

Isian dari rujak bisa bervariasi dengan saus rujak. Tidak ketinggalan taburan kacang tanah goreng. Martabak piring dari Medan mempunyai bentuk seperti crepes , tipis dan renyah.

Bahan bakunya terbuat dari tepung terigu yang dibuat jadi adonan cair lalu dipanggang di atas piring. Isiannya sama seperti martabak biasa, bisa cokelat, keju, atau kacang. Bubur medan sama seperti hidangan bubur dari daerah lain terbuat dari beras yang dimasak hingga lembek.

Bubur medan juga menjadi makanan favorit di kota ini. Bubur medan tetap mempunyai keunikan sendiri yaitu isian dari bubur terdiri dari telur pitan, ikan, dan kepiting. Meski terkesan sederhana tetapi belut goreng cabe hijau menjadi lauk kesukaan banyak orang di Medan. Belut dibumbui kemudian digoreng dan dimasak kembali dengan sambal cabai hijau.

Hidangan ini biasanya dijual di tempat makan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *