Seleb

Lagu Anak hingga Lagu Daerah di Sofa Kuning Karaoke Sembari Belajar melalui Lagu Nasional

– Musik dan lagu dapat menjadi media belajar terutama bagi anak anak. Di tengah pandemi covid 19 khususnya, pembelajaran anak terbatas bahkan untuk mengenal muatan lokal seperti lagu daerah tempatnya belajar. Mola TV melalui program teranyarnya, Sofa Kuning berkomitmen menghadirkan tayangan hiburan sekaligus edukasi kepada anak dan keluarga.

Dengan kemasan karaoke pun wawasan anak anak dapat bertambah. Tak hanya itu, Sofa Kuning juga menyiapkan hadiah bagi keluarga hingga ratusan juta rupiah. Seperti diketahui, Sofa Kuning di Mola TV adalah sebuah acara keluarga yang menampilkan lagu lagu anak Indonesia berikut aransemen ulang sesuai selera jaman.

Sofa Kuning dikemas dalam bentuk karaoke dan kuis berhadiah, ditayangkan setiap hari Sabtu pukul 18.30 wib di NET TV, atau bisa diakses melalui aplikasi Mola TV. Dalam setiap pekan, berbagai lagu dimainkan dan dinyanyikan sebagai awalan serta bahan tanya jawab ilmu pengetahuan. Dari lagu nasional contohnya di Episode 1 Sofa Kuning.

Pemandu acara yakni Aqi Singgih (Alexa ) dan Audrey Meirina sekaligus dua anaknya itu mengawali sesi dengan mengenalkan lagu Halo Halo Bandung. Awalnya, Aqi menjelaskan mengenai sejarah dari lagu berlatar belakang persitiwa Bandung Lautan Api pada 1946. Yakni berisi tentang perlawanan rakyat Bandung terhadap penjajah dari tentara Belanda dan sekutunya hendak mengambil alih Kota Kembang.

“Tetapi teman teman di Bandung ga mau (kota diambil alih), akhirnya mereka membakar kota dan 200 ribu penduduk Bandung pergi ke pegunungan, maka akhirnya disebut Bandung lautan Api,” jelas Aqi. “Semua itu demi mencapai kemerdekaan Indonesia, negara kita tercinta,” timpal Audrey. Lantas keduanya mengajak untuk bernyanyi Halo Halo Bandung dengan musik aransemen yang enak masa kini.

Setelahnya, tujuh pertanyaan diberikan berisi masing masing tiga pilihan jawaban sebagai kuis. Bukan sembarang, setiap pertanyaan dan jawaban merupakan wawasan dan ilmu pengetahuan. Mulai dari pertanyaan Bandung tergolong bagian dari provinsi mana hingga bahasa daerah masyarakat Bandung.

Selain lagu nasional, Sofa Kuning juga membawakan lagu daerah. Masih di Episode 1, lagu berasal dari daerah di Indonesia paling timur (Papua), yakni Lagu Apuse. Seperti di lagu pertama tadi, kuis berisin soal dan jawaban menjadi bahan pembelajaran bagi anak anak dan keluarga.

Penonton akan mengetahui pengetahuan mulai dari burung asli dari Papua, ibu kota Papua, hingga negara yang berbatasan dengan Papua. Lalu untuk lagu lagu anak juga tak luput dibawakan oleh Aqi dan keluarga. Lagu populer anak berjudul Balonku dinyanyikan tentunya dengan iringan musik enak didengar.

Pada kesempatan ini sejumlah pertanyaan dan jawaban berbau hitungan, angka, dan matematika. Juga alih bahasa beberapa istilah juga menjadi soal. Misal soal hitungan yakni sisa balon setelah balon pertama meletus dalam lagu.

Sementara soal alih bahasa yaitu bahasa Inggris dari balon. Bukankah asyik bernyanyi sambil belajar? Program Sofa Kuning dikemas dalam bentuk karaoke dan kuis berhadiah, ditayangkan setiap hari Sabtu pukul 18.30 wib di NET TV, atau bisa diakses melalui aplikasi Mola TV.

Sebagai bagian dari upaya menarik perhatian seluruh anggota keluarga, “Sofa Kuning” mengajak pemirsa di rumah turut bermain dengan menyediakan hadiah sebesar lebih dari Rp 200 juta bagi 45 pemenang setiap pekan. Terdiri dari 2 tabungan pendidikan senilai masing masing Rp 50 juta rupiah, 3 unit iPad, dan 40 voucher belanja masing masing Rp 2,5 juta. Untuk berpartisipasi, penonton harus mengunduh aplikasi Mola TV.

Lalu menjawab setiap pertanyaandi aplikasi saat acara Sofa Kuning berlangsung. Jumlah poin tertingga berpeluang menjadi pemenang hadiah di setiap pekan dan akan diakumulasi setiap bulannya. Tayangan Sofa Kuningd apat diakses di sini

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *